Home / Kisah Wali Songo / Cara berdakwah Wali Songo Pertama – Maulana Malik Ibrahim

Cara berdakwah Wali Songo Pertama – Maulana Malik Ibrahim

Cara berdakwah Wali Songo pertama

Cerita islami kali ini mengisahkan tentang cara berdakwah wali songo  yang pertama dan yang tertua yaitu yang bernama Maulana Malik Ibrahim atau yang memiliki nama asli Syekh Maghribi. Beliau melakukan cara yang sederhana namun sangat efektif dalam merangkul masyarakat gresik untuk menerima agama islam dan ajaran islam. Cara berdakwah wali songo

Berdakwah dengan membuka warung murah

Pada awal sebelum mengenal islam, sebagian besar masyarakat yang ada di Gresik menganut agama hindu yang juga merupakan agama resmi dari kerjaan Majapahit. Untuk melakukan dakwahnya pada masyarakat gresik tersebut, Maulana malik ibrahim atau syekh bantal melakukan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan membuka sebuah warung. Dengan warung tersebut, beliau menjual berbagai macam makanan dengan harga yang terjangkau atau murah. Ternyata cara yang dilakukan oleh maulana malik ibrahim sangat efektif untuk mengundang masyarakat gresik membeli barang yang mereka perlukan.

Cara Berdakwah wali songo dengan membuka pengobatan gratis

Dengan izin Alloh yang maha kuasa, yang menguasai segalanya, Tidak memerlukan waktu yang lama warung maulana malik ibrami menjadi ramai. setelah warung menjadi ramai, tahap selanjutnya beliau membuka praktik pengobatan beliau bertindak sebagai tabib (atau dokter). Dengan izin dari berbekal berbagai doa yang diambil dari Al qur an dan menggunakan berbagai macam ramuan tradisional jawa, beliau terbukti mempu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Maulana malik ibrahim pun seolah olah telah menjelam menjadi dewa penotolong bagi masyarakat sekitarnya. Apalagi, ia tidak pernah mau dibayar. Ia melakukan pengobatan iklash karena Alloh untuk membantu dan menolong masyarakat yang memerlukan bantuannya. Selanjutnya dalam waktu yang singkat pula, kemampuannya dalam pengobatan telah dikenal seantero jawa.

Berdakwah dengan mengajari bercocok tanam

Di negeri asal maulana malik ibrahim lebih maju jika di bandingkan dengan jawa. Maka, beliau tidak hanya membantu meringankan beban orang-orang miskin, seperti penyembuhan penyakit mereka dengan ramuan tradisional dan doa yang dipanjatkan, namun beliau juga memberikan teknologi dari negerinya kepada masyarakat gersik dan sekitarnya.

Cara berdakwah Wali Songo – Mayoritas masyarakat Gresik adalah petani, maka beliau juga memikirkan cara agar pertaniain gresik menjadi subur dan makmur. Lalu, ia membuat irigasi pertanian dengan ilmu yang ia peroleh dari negerinya, sehingga gresik berubah menjadi daerah yang makmur. Ia juga mengajari masyarakat cara bercocok tanam yang baik. Selain itu, gresik karena merupakan daerah yang berdekatan dengan pantai utara, beliau juga mengajarkan bagaimana cara mendapatkan ikan yang banyak bagi para nelayan. Beliau juga mengajarkan bagaimana cara mengawetkan ikan agar tidak habis sekita langsung di makan.

Ketika maulana malik ibrahim atau syekh Maghribi memberikan pelajaran cara bertotok tanam dan mencari ikan, sekaligus ia memberikan dakwah islam sehingga masyarakat muda memeluk islam dengan suka cita.

Beliau kepada masyarakat mengatakan “Saudara-saudara, sesungguhnya yang memberi rezeki pada kalian adalah Allah yang maha kuasa, kita tidak mampu melakukan apa pun jika tanpa bantuan dari-Nya. Dia lah yang menciptakan angin, hujan, menyuburkan tanah, menumbuhkan tanaman kita, dan dia juga yang menciptakan diri kita” Masyarakat mendengarkan penjelasan beliau dengan senang, dan pada akhirnya banyak di antara mereka yang menerima ajaran islam dan memeluk islam.

Itulah cerita mengenai cara berdakwah wali songo yang pertama yaitu Maulana Malik Ibrahim. Semoga kita bisa mengambil hikmah dan pengetahuan dari cara beliau berdakwah.

Facebook Comments

About Gunawan

Check Also

Cerita Sunan Kudus

Cerita Sunan Kudus – Senopati Hebat dari Demak Bintoro

Cerita wali songo kali ini mengisahkan cerita sunan kudu, beliau merupakan senopati yang hebat dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *