Home / Cerita Nabi / Cerita Nabi Yusuf as masuk penjara

Cerita Nabi Yusuf as masuk penjara

Nabi Yusuf as masuk penjara

Cerita nabi yusuf ini merupakan lanjutan cerita nabi yusuf sebelum yang mengulas tentang nabi yusuf dengan zulaikha yang mencintai nabi yusuf. Dengan adanya berita tentang nabi yusuf yang terus menjadi perbincangan di negeri mesir, pemerintah merasa kewibawannya dipertaruhkan. Lalu penguasa dari pemerintah menangkap Nabi Yusuf as. Ia dimasukkan ke dalam penjara untuk membungkam berita berita tentang Nabi Yusuf yang terus menjadi pembericaraan. Seperti yang telah ceritakan pada kisah nabi yusuf dan zulaikha sebelumnya bahwa Nabi Yusuf lebih memilih masuk penjara dari pada mamenuhi ajakan para wanita untuk memenuhi nafusnya dan berbuat dosa. Nabi Yusuf pun masuk penjara dengan tuduhan telah memotong tangan para wanita padahal para wanita itu yang memotong tangan mereka sendiri karena melihat ketampanan yusuf.Cerita Nabi Yusuf as masuk penjara

Pemerintah telah menetapkan keputusan untuk memasukan Nabi Yusuf ke penjara sampai waktu yang tidak ditetapkan meskipun sebenarnya tidak melakukan kesalahan.  Seiring berjalannya waktu, pembicaraan mengenai Nabi Yusuf pun menjadi redup. Ketika para menteri dan penguasa tidak mampu menahan kendali wanita wanita mereka, namun mereka dengan mudahnya memenjarakan seorang yang tidak bersalah.

Dalam kisah Nabi Yusuf, meskipun beliau merupakan Nabi utusan Allah, beliau tetap ditahan dan masukan penjara tanpa melalui penyelidikan dan juga tanpa melalui pengadilan. Saat itu ia dihadapkan pada masyarkat yang menyembah berbagai macam Tuhan dan juga dikuasai dan dipimpin oleh yang memiliki banyak tuhan. Sehingga dengan mudahnya bagi mereka untuk memasukan Nabi Yusuf as yang tidak terbukti bersalah atau tidak berdosa ke dalam penjara karena agama mereka tidak mengatu

Nabi yusuf berdakwah di penjara

Cerita Nabi Yusuf as masuk penjara – Ketika Nabi Yusuf dipenjara ia tidak putus asa atau meratapi nasibnya yang seolah olah mengalami ketidakadilan. Namun ia memanfaatkan waktunya dipenjara untuk berdakwah di jalan Allah. Ketika di dalam penjara ia berjumpa dengan orang yang tidak berdosa yang dimasukkan ke dalam penjara tanpa alasan logis. Ketika manusia mendapatkan perlakuan tidak adil dari orang lain, maka hati mereka akan lebih mudah untuk mendengarkan nasihan dan menerima hidayah. Memang ketika hati orang-orang yang menderita dan teraniaya akan lebih mudah terbuka memenuhi panggilan Allah.

Nabi Yusuf as bercerita kepada mereka tentang rahmat Sang pencipta, kebesaran-Nya dan kasih sayang-Nya pada para makluk ciptaan-Nya. Yusuf bertanya kepada mereka : “Mana yang lebih baik, apakah akal harus dikalahkan dan manusia menyembah tuhan yang bermacam-macam atau akal yang dimenangkan dan manusia menyembah Tuhan Penguasa alamat semesta ini?”

Nabi Yusuf as menyampaikan pendapat-pendapatnya yang kuat melalui perntanyaan-pertanyaan yang disampaikan dengan penuh tenang dan kedamaian. Beliau berdialog dengan mereka secara sehat dan dengan fikiran yang jernih serta dengan niat yang tulus.

Nabi Yusuf mampu mentafsir mimpi

Beberapa waktu kemudian ada dua orang yang masuk penjara. Satu orang sebagai pembuat roti di tempat raja, dan satu lagi seorang yang tugasnya memberikan khamer atau minam keras kepada raja. Suatu hari tukang roti bermimpi, ia berdiri di suatu tempat dengan roti di atas kepanya, kemudian roti itu dimakan oleh burung yang terbang. Sedangkan si tukang pemberi minum raja bermimpi memberikan minuman khamer kepada raja.

Kemudian kedua orang itu mendatangi Nabi Yusuf as, lalu mereka bercerita atas mimpi yang mereka alami. Mereka meminta kepada Yusuf untuk mentafsirkan mimpi mereka. Kemudian Nabi Yusuf mencoba untuk melakukan apa yang mereka minta, lalu ia berdoa kepada Allah yang maha mengetahui untuk memberinya petunjuk. Kemudian Nabi Yusuf memberitahu ke pada si tukang roti bahwa ia akan disalib dan akan meninggla dunia. Sementara itu si tukang pemberi khamar akan bebask dari penjara dan kembali bekerja di tempat asalnya.

 Yusuf pun berkata kepada tukang pemberi minum : “Jika engkau pergi ke raja, maka jangan lupa menceritakan keadaanku padanya. Katakan padanya bahwa di sana terdapat seorang yang ditahan dalam keadaan teraniaya yang bernama Yusuf”

 Beberapa waktu kemudian, ternyata apa yang diceritakan oleh Yusuf benar benar terjadi. Si tukang roti mati terbunuh sementara tukang pemberi raja kembali dimaafkan dan kembali bekerja di istana. Namun ketika kembali ke istana si tukang pemberi minum itu lupa menceritakan tentang pesan dari Nabi Yusuf kepada raja,  ia telah dilalaikan oleh setan. Sehingga Nabi Yusuf pun tinggal dipenjara selama beberapa tahun.

1. Cerita nabi yusuf as lengkap

2. Kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha

3. Cerita Nabi Yusuf as masuk penjara

4. Mukjizat Nabi Yusuf

5. Kisah Nabi Yusuf menjadi menteri

Facebook Comments

About Gunawan

Check Also

mukjizat nabi yusuf tafsir mimpi

Mukjizat Nabi Yusuf – Cerita Menafsirkan Mimpi Raja

Mukjizat Nabi Yusuf Cerita islami ini merupakan lanjutan dari cerita nabi yusuf sebelumnya yang berkisah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *