Home / Ibadah / Sholat / Macam Shalat Sunah Rawatib – Niat Shalat Qobliyah dan Niat Shalat Ba’diyah

Macam Shalat Sunah Rawatib – Niat Shalat Qobliyah dan Niat Shalat Ba’diyah

Macam Shalat Sunah Rawatib - Niat Shalat Qobliyah dan Shalat Ba'diyahAlhamdulillah hirobbil alamin, segala puji bagi Allah Tuhan Semesta alam yang hingga saat ini masih mengizinkan kita untuk bernafas dalam iman dan islam dengan sehat tanpa satu kekurangan apapaun. Sholawat serta salam kita tujukan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW  yang sangat kita harapkan memberi kita syafaat di hari akhir nanti… Aamiin.

Shalat Sunah Rawatib

Pada artikel islami kali ini akan membahas mengenai shalat sunah rawatib, niat sholat qobliyah dan niat sholat ba’diyah. Shalat Sunah Rawatib merupakan shalat sunah yang dikerjakan sebelum atau sesudah shalat fardlu. Jika dikerjakan sebelum sholat fardlu maka disebut shalat sunah qobliyah, sedangkan jika dikerjakan setelah shalat fardlu maka disebut dengan shalat sunah ba’diyah.

Menurut Hadis Riwayat Muslim Nomor 728, Sabda rasulullah SAW mengenai sholat sunah rawatib ini sebagai berikut : dari Ummu Babibah isteri nabi Muhammad shallallahu alaihi wasalah, beliau berkata : Aku mendegar Rasulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda : “Tidaklah seorang muslim mendirikan shalat sunah ikhlas karena ALlah sebanyak dua belas rakaat selain shalat fardhu, melainkan Allah akan membangunkan baginya rumah di Surga”

Macam shalat sunah rawatib

Shalat sunah rawatib ada beberapa macam, di bawah ini akan disebutkan macam sholat sunah rawatib lengkap dengan bacaan niatnya. :

1. Shalat sunah dua rakaat sebelum shalat shalat subuh (qobliyah)

Niat shalat qobliyah subuh : Ushalli sunnatash subhi rak’ataini qabliyyatan lillahi Ta’aalaa
Artinya : Aku shalat sunnah sebelum subuh dua rakaat karena Allah

2. Shalat sunah dua rakaah sebelum shalat shalat dhuhur (qobliyah)

Niat shalat qobliyah dhuhur : ushalli sunnata dzhuri rak’ataini qabliyyatan lillahi ta’aalaa
Artinya : Aku niat shalat sunnah sebelum dzuhur dua rakataa karena Allah.

3. Shalat sunah dua atau empat rakaat setelah shalat dhuhur (ba’diyah)

Niat shalat dhuhur ba’diyah untuk dua rakaat : ushalli sunnata dzuhri rak’ataini ba’diyyatal lillaahi ta’aala
aku niat shalat sunnah sesudah dzuhur dua rakaat karena Allah
Niat shalat dhuhur ba’diyah untuk empat rakaat : ushalli sunnata dzuhri arba’a roka’atin ba’diyyatal lillaahi ta’aala
artinya aku niat shalat sunnah sesudah dzuhur empat rakaat karena Allah

4. Shalat sunah dua atau empat rakaat sebelum shalat ashar (qobliyah)

Niat shalat ashar qobliyah untuk dua rakaat : ushalli sunnatal ‘ashri rak’ataini qabliyyatan lillahi ta’aalaa
aku niat shalat sunnah sebelum ashar dua rakaat karena Allah
Niat shalat ashar qobliyah untuk yang empat rakaat : ushalli sunnatal ‘ashri arba’a roka’atin qabliyyatan lillaahi ta’aala
aku niat shalat sunnah sebelum ashar empat rakaat karena Allah

5. Shalat sunah dua rakaat setelah shalat magrib (ba’diyah)

Niat shalat magrib ba’diyah : Ushalli sunnatal maghribi rak’ataini ba’diyyatal lillahi ta’aalaa
artinya : Aku niat shalat sunnah sesudah magrib dua raka’at karena Allah

6. Shalat sunah dua rakaat sebelum shalat isya’ (Qobliyah)

Niat shalat isyah qobliyah : ushalli sunnatal ‘isyaa’i rak’ataini qobliyyah lillahi ta’aalaa
artinya : aku niat shalat sunah sebelum isya’ dua rakaat karena Allah

7. Shalat sunah dua rakaat setelah shalat isya’ (ba’diyah)

Niat shalat isya’ ba’diyah : Ushalli sunnatal ‘isyaa’i rak’ataini ba’diyyah lillahi ta’aalaa
artinya : aku niat shalat sunah sesudah isyah dua rakaat karena Allah

Itulah artikel islami yang mengulas mengenai sholat sunah rawatib, niat shalat sunah qobliyah dan niat shalat sunah ba’diyah. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. dan semoga Allah senantiasa memberi kita ilmu yang bermanfaat dan menjauhkan kita dari ilmu ilmu yang tidak bermanfaat.

Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Facebook Comments

About Gunawan

44 comments

  1. Assamualaikum WR WB

    Apakah sholat Rawatib ini tetap bisa di kerjakan apabila sholat fardhu nya di kerjakan dgn sendiri di rumah dan apakah utk waktunya harus selalu sebelum iqamah ?

    mohon pencerahannya, trims

  2. Apabila sholat qabliyah dikerjakan munfarid atau sendiri tidak harus menunggu iqamah. Apabila sholat ba’diyah dikerjakan di mushola/masjid hendaknya menunggu wirid selesai. Semoga membantu 🙂

  3. BAgaimana cara mengucapkan niat sholat rawatib itu sendiri?

  4. kalo sholat sunnah 2 rakaat sblm magrib itu sholat apa?

  5. Daulay Putra Madina

    Poin no 3 Niat shalat dhuhur ba’diyah
    untuk dua rakaat : ushalli
    sunnata dzuhri rak’ataini
    ba’diyyatal lillaahi ta’aala
    aku niat shalat sunnah sebelum dzuhur dua rakaat karena Allah.

    Maaf bukankah ba’diyyah artinya sesudah?
    Ko’ mlh arti ba’diyyah mnjadi sebelum?

    Klo slh saya minta maaf.
    Kesempurnaan hnya milik Allah SWT.

  6. Assalamualaikum,maaf bisa di cek atau koreksi sedikit utk artikel di atas : Niat shalat ashar qobliyah untuk yang empat rakaat

  7. terima kasih,,, ini benar2 bermanfaat!

  8. Sngat bermnfaat….:)
    Tp klo niatnya di hti ja g pp kn…

  9. subhanalloh…

  10. Assalammualaikum, saya mau tanya, apakah salat sunah itu kita tetap membaca doa iftitah setelah takbir pertama, mohon jawabannya

  11. sholat rowatib, jika dikerjakan dengan tidak pasti misalnya qobliah di kerjakan bakdiah enggak gimana yaaaa
    …..

  12. 1) rukun sholat diawali niat atau takbiratul Ikhram? Jadi dimana posisi niat?
    2) hadits sholat rawatib jelas skali, kita tlanjur hafal bhw sholat sunnah itu dua rakaat, syukur ada teknologi hebat, jd kita bisa belajar
    3) knapa tdk dimasukkan hadits ttg niat? Misalnya Ushalli dst, kelupaan masukin haditsnya ya?

  13. Asalamualaikum Mau Tanya Ni, Apakah Sholat Sunnah qobliyah Sama Dengan Sholat Sunanah Fajar,Terimakasih.

  14. Satu Lagi,bacaan Surat Al-Qur’an Apa Yang Di pakai Untuk Sholat Sunnah Qobliya Dan Baddiyah,Terimakasih

  15. Assalamualaikum,4 rakaat setlh dhuhur apa harus 4 rakaat sekali salam atau boleh 2 rakat sekali salam kemudian 2 rakaat lg sekali salam???
    mohon bantuanny…

  16. Kalo misal sholat fardlunya telat misal baru sholat dhuhur jam 1 apa masih boleh melakukan sholat qobliyah n ba’diyahnya?

  17. as… saya mau tanya apakah ada sholat sunah sebelum (qobliyah) maghrib…

  18. Makasih ya min… Artikelnya sangat membantu… 🙂

  19. erick prana putra

    apakahh sebelum solat magrib bisa d’sebut solat qabliyah?

  20. ketika ingin sholat,, haruskah niat di ucapakan?
    bukankah niat dlm hati?
    tdk perlu di ucapkan..
    setau sy begitu

  21. mas bro ente make rujukan Rumaysho.com coba ente liat di rumaysho ada niat di lafadzankan apa hanya di hati aja?bukankah niat itu di hati?misal kita mao buang air kecil/besar emang kita niatin saya mao buang air kecil/besar gitu???ga kan………itu dia kenapa niat itu tidak di lafadzkan tapi adanya di hati.Coba liat artikel di Rumaysho.com lagi!!!Mungkin ane salah dalam Pemahamannya???

  22. makash atats bimbinganya

  23. Apa hukum ya sholat dhuha di wktu jam 06

  24. Assalamu alaikum wr.wb..
    Izin nyimak ikutan belajar ..dan izin Copas ya Pak..Makasih

  25. Saya masih bingung cara sollat sunah klo niat saya udh tau,
    Yg blm saya tau, bacaan doa ruku dan sujudnya, misalkan ruku
    Bacaanya subhana robial adzimi wabihamdi itu berpa kali ya,
    Satu kali apa dua kali.

  26. Kan, kalau setiap mau shalat apa saja doa bacaan sujud maupun rukuk itu dbaca 3 (tiga) kali yah mas

  27. mau tanya
    sampai umur 19 tahun
    saya belum pernah nih dgr sholat sunat rawatib 4 rakaat
    gaman tuh min
    bisa nggak d jelasin

  28. Moko podo ngaji karo kiai-kiai. Ngko lak wes pinter gek diamalke… Tumut nyimak mawon

  29. dewi sri wahyuni

    insya ALLAH

  30. shalat rawatib sebagai penambal dari sholat fardhu kita yang berlubang..
    #masya allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *