Home / Ibadah / Sholat / Panduan Sholat Dhuha – Niat dan Bacaan Doa Sholat Dhuha

Panduan Sholat Dhuha – Niat dan Bacaan Doa Sholat Dhuha

Sholat Dhuha

Panduan Sholat Dhuha - Niat dan Bacaan Doa Sholat Dhuha

Sholat dhuha atau sholat sunah dhuha merupakan sholat sunah yang dikerjakan pada waktu dhuha. Waktu dhuha merupakan waktu dimana matahari telah terbit atau naik kurang lebih 7 hasta hingga terasa panas menjelang shalat dzhur. atau sekitar jam 7 sampai jam 11, tentunya setiap daerah berbeda, tergantung posisi matahari pada daerah masing-masing. Sholat dhuha sebaiknya dikerjakan pada seperempat kedua dalam sehari, atau sekitar pukul sembilan pagi. Sholat dhuha dilakukan secara sendiri atau tidak berjamaah (Munfarid)

Niat Sholat dhuha

Untuk niat sholat dhuha hampir sama dengan sholat sunah lainnya, yaitu sebagai berikut

Ushallii sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa

arti dalam bahasa Indonesia :

Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah.

Tata cara sholat dhuha

Tata cara sholat dhuha hampir sama dengan sholat sunah pada umumnya,

  1. Setelah membaca niat seperti yang telah tertulis diatas kemudian membaca takbir,
  2. Membaca doa Iftitah
  3. Membaca surat al Fatihah
  4. Membaca satu surat didalam Alquran. Afdholnya rakaat pertama membaca surat Asy-Syam  dan rakaat kedua surat Al Lail  
  5. Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali
  6. I’tidal dan membaca bacaannya
  7. Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali
  8. Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaanya
  9. Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali
  10. Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali. Rakaat-rakaat selanjutnya dilakukan sama seperti contoh diatas.

Jumlah rakaat sholat dhuha

Sholat dhuha dilakukan dalam satuan dua rakaat satu kali salam. Sementara itu untuk berapa jumlah maksimal sholat dhuha ada pendapat yang berbeda dari para ulama, ada yang mengatakan maksimal 8 rakaat, ada yang maksimal 12 rakaat, dan ada juga yang berbedapat tidak ada batasan.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai perbedaan pendapat jumlah rakaat sholat dhuha silahkan simak penjelasan yang kami kutip dari konsultasi syariah di bawah ini

Pertama, jumlah rakaat maksimal adalah delapan rakaat. Pendapat ini dipilih oleh Madzhab Maliki, Syafi’i, dan Hambali. Dalil yang digunakan madzhab ini adalah hadis Umi Hani’ radhiallaahu ‘anha, bahwasanya Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam memasuki rumahnya ketika fathu Mekah dan Beliau shalat delapan rakaat. (HR. Bukhari, no.1176 dan Muslim, no.719).

Kedua, rakaat maksimal adalah 12 rakaat. Ini merupakan pendapat Madzhab Hanafi, salah satu riwayat dari Imam Ahmad, dan pendapat lemah dalam Madzhab Syafi’i. Pendapat ini berdalil dengan hadis Anas radhiallahu’anhu

من صلى الضحى ثنتي عشرة ركعة بنى الله له قصرا من ذهب في الجنة

“Barangsiapa yang shalat dhuha 12 rakaat, Allah buatkan baginya satu istana di surga.” Namun hadis ini termasuk hadis dhaif. Hadis ini diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibn Majah, dan Al-Mundziri dalam Targhib wat Tarhib. Tirmidzi mengatakan, “Hadis ini gharib (asing), tidak kami ketahui kecuali dari jalur ini.” Hadis ini didhaifkan sejumlah ahli hadis, diantaranya Al-Hafidz Ibn Hajar Al-Asqalani dalam At-Talkhis Al-Khabir (2: 20), dan Syaikh Al-Albani dalam Al-Misykah (1: 293).

Ketiga, tidak ada batasan maksimal untuk shalat dhuha. Pendapat ini yang dikuatkan oleh As-Suyuthi dalam Al-Hawi. Dalam kumpulan fatwanya tersebut, Suyuthi mengatakan, “Tidak terdapat hadis yang membatasi shalat dhuha dengan rakaat tertentu, sedangkan pendapat sebagian ulama bahwasanya jumlah maksimal 12 rakaat adalah pendapat yang tidak memiliki sandaran sebagaimana yang diisyaratkan oleh Al-Hafidz Abul Fadl Ibn Hajar dan yang lainnya.”. Beliau juga membawakan perkataan Al-Hafidz Al-’Iraqi dalam Syarh Sunan Tirmidzi, “Saya tidak mengetahui seorangpun sahabat maupun tabi’in yang membatasi shalat dhuha dengan 12 rakaat. Demikian pula, saya tidak mengetahui seorangpun ulama madzhab kami (syafi’iyah) – yang membatasi jumlah rakaat dhuha – yang ada hanyalah pendapat yang disebutkan oleh Ar-Ruyani dan diikuti oleh Ar-Rafi’i dan ulama yang menukil perkataannya.”
Setelah menyebutkan pendapat sebagian ulama Syafi’iyah, As-Suyuthy menyebutkan pendapat sebagian ulama malikiyah, yaitu Imam Al-Baaji Al-Maliky dalam Syarh Al-Muwattha’ Imam Malik. Beliau mengatakan, “Shalat dhuha bukanlah termasuk shalat yang rakaatnya dibatasi dengan bilangan tertentu yang tidak boleh ditambahi atau dikurangi, namun shalat dhuha termasuk shalat sunnah yang boleh dikerjakan semampunya.” (Al-Hawi lil fataawa, 1:66).

Kesimpulan dan Tarjih

Jika dilihat dari dalil tentang shalat dhuha yang dilakukan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam jumlah rakaat maksimal yang pernah beliau lakukan adalah 12 rakaat. Hal ini ditegaskan oleh Al-’Iraqi dalam Syarh Sunan Tirmidzi dan Al-’Aini dalam Umdatul Qori Syarh Shahih Bukhari. Al-Hafidz Al ‘Aini mengatakan, “Tidak adanya dalil –yang menyebutkan jumlah rakaat shalat dhuha– lebih dari 12 rakaat, tidaklah menunjukkan terlarangnya untuk menambahinya.” (Umdatul Qori, 11:423)
Setelah membawakan perselisihan tentang batasan maksimal shalat dhuha, Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan,
“Pendapat yang benar adalah tidak ada batasan maksimal untuk jumlah rakaat shalat dhuha karena:

  1. Hadis Mu’adzah yang bertanya kepada Aisyah radhiallahu’anha, “Apakah Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam shalat dhuha?” Jawab Aisyah, “Ya, empat rakaat dan beliau tambahi seseuai kehendak Allah.” (HR. Muslim, no. 719). Misalnya ada orang shalat di waktu dhuha 40 rakaat maka semua ini bisa dikatakan termasuk shalat dhuha.
  2. Adapun pembatasan delapan rakaat sebagaimana disebutkan dalam hadis tentang fathu Mekah dari Umi Hani’, maka dapat dibantah dengan dua alasan: pertama, sebagian besar ulama menganggap shalatnya Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam ketika fathu Mekah bukan shalat dhuha namun shalat sunah karena telah menaklukkan negeri kafir. Dan disunnahkan bagi pemimpin perang, setelah berhasil menaklukkan negri kafir untuk shalat 8 rakaat sebagai bentuk syukur kepada Allah. Kedua, jumlah rakaat yang disebutkan dalam hadis tidaklah menunjukkan tidak disyariatkannya melakukan tambahan, karena kejadian Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam shalat delapan rakaat adalah peristiwa kasuistik –kejadian yang sifatnya kebetulan– (As-Syarhul Mumthi’ ‘alaa Zadil Mustaqni’ 2:54).

Doa sholat dhuha

Do’a Shalat Dhuha bahasa Arab :

Berikut ini merupakan bacaan doa sholat dhuha dalam bahasa arab

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Do’a Shalat Dhuha bahasa indonesia

Sedangkan bagi yang belum bisa membaca tulisan Arab, bisa membaca tekst latin di bawah ini

Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadakash shalihin.

 

Artinya doa sholat dhuha

Di bawah ini merupakan arti dari bacaan sholat dhuha

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Semoga artikel mengenai panduan sholat dhuha yang dilengkapi dengan bacaan niat dan doa sholat dhuha di atas bisa bermanfaat bagi. Rajinlah sholat dhuha setiap pagi. Semoga selalu berlimpah pahala dari Allah SWT, mendapatkan rezki halal dan baik bagi dunia dan akhirat. Aamiin.

About Gunawan

126 comments

  1. rahman cangkal

    trimaksih atas informasinya,minta izin untuk mengkohopy.

  2. bgs artikelnya sgt brmanfaat..

  3. mohon izin untuk dibagikan saudara. terimakasih ini bermanfaat.

  4. ass, mator suwon.
    nyuwon sewu saget kulo ngcopy tesk ipon……..???

  5. Saya adalah orang islam tapi bahkan doa sholat dhuha saya belum hafal…sungguh memalukan…btw terima kasih sudah membuat artikel ini…sangat membantu saya menemukan jalanku kembali kejalan-NYA

  6. Jazzakumullohu khairon katsiro

  7. Ikoh khoeriyah

    Makasih bgt iah…
    Ini bermanfaat bgt buat aq dan org muslim yg lain. 🙂

  8. Syukron.. Ini bermanfaat

  9. terima kasih yah atas impormasinya! ini sangatlah bermanfaat bagy moslem.

  10. Terimakasi sebesar besar ny tlh mengasih kebaikan ini

  11. infonya mantap. Tengkyuu^^ Insyaallah berkah

  12. sukron katsiron…..

  13. ayo podo di istiqomahno

  14. Assalammuallaikum wr.wb..

    usia saya br 17tahun, mungkin sayaa menganggap diri saya msh blm paham dgn islam,termasuk shalat duha.

    waktu itu disekolah dianjurkan u/shalat duha,lalu yg ingin saya tanyakan :

    1. apakah shalat duha saya sah,apabila tidak membaca tasbih 3x?
    2. lalu,apakah shalat duha sama dgn shalat Tahajud?

    mohon penjelasannya ya mas-mba. Smg allah senantiasa memberikan berkah kpd siapa saja yg menjawab. amin 🙂

  15. mau tany bacaan surat pendeknya harus ad dhuha dan asy syam boleh diganti ngk??

  16. Syukron.. Artikel yg bermanfaat. Mohon ijin copy.
    Semoga Allah selalu memberkati qt semua.
    Amiin..

  17. Trimkash informasinya mdh2an Allah memblsnya yg brerlpt ganda..amien..

  18. Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat, mudah”an informasi yg di tulis penulis menjadi amalan yang tak terputuskan

  19. thanks infonya yaa…mudah2an bermanfaat dan berkah….

  20. 2 rakaat doand boleh kgak,,,??

  21. mudah2an jd inspirasi bagi kaum muslimin

  22. shukron jazakallahu khair…
    Bermanfaat sejutakali….
    🙂

  23. maap………koreksi “ibadakash shalihin” yg benar, bukan “ibadikash shalihin……

  24. Allhamdulillah
    qu share ya di Fb….

  25. Tq sahabtqu, shbat tlh mmbri saya ilmu..

  26. alkhmdulilah degan adanya artikel ini saia bisa bisa melaksanakn sholat duha..subhanallah
    terimaskasih banyak..:-D

  27. , mksih bnyk y info’a .

  28. Terimakasih. Ijin share ya. Sangat bermanfaat 🙂

  29. Terimakasih artikelnya sangat membantu bagi saya yang ingin sekali melaksanakan sholat dhuha dan melatih diri untuk lebih taat beribadah dari sebelumnya . Izin Copy dan mungkin akan saya post juga di blog saya ( Mungkin ) .

  30. Bagus banget ni. Terimaksih atas informasinya smoga bermanfaat bagi semua. Yg membaca. Dan dijalankan shalat duha nya

  31. Alhamdulilah . . . .
    Bermanfa’at bangtet bagi gua 🙂

  32. alhamdulillah, kembalilah kepada yang benar

  33. izin catet doa nya gan thanks.

  34. admin, numpang copas ya..
    makasih..

  35. jazakumullah khairan
    makasi artikel.a
    🙂

  36. mohon izin meng copy, insyaallah bermanfaat. syukron

  37. jazakumulloohu khairon katsiiron. Setiap perbuatan ada perhitungannya.

  38. izin copas boleh ya?

  39. terima kasih…….mohon ijin mengcopy ya

  40. trims. Mantaps dan sangat bermanfaat.

  41. Apa sholat duha bisa di lakukan secara jamaah?? Tolong dijelaskan!

  42. Terimakasih sobat,Tulisannya sangat bermanfaat..

    • Makasih atas ilmunya ,, kebetulan saya ada tugas dari guru untuk membuat tata cara shalat Dhuha dan doanya ,, Tetapi saya tidak tau 🙁 jdi terimakasih ilmu ini sangat berguna buat saya 😉

  43. Matur suwun atas tambahan ilmunya.

  44. mohhon ijin mengcopy. sangat bermanfaat.

  45. Alhamdulillah infonya bermanfaat .
    Nuhun pisan atuhh makasih ..

  46. terimakasih
    dgn artikel ini saya jdi terbantu

  47. jazakallah khair …

  48. biopori

    Nanya dong..bisa tidak membaca surah Adh-Dhuha setelah membaca Al Fatihah ?. Trm kasih

  49. alhamdulillah.. sangat bermanfaat..
    mohon ijin mengcopi. matur suwun

  50. Terima Kasih banyak ya Informasinya. Mohon izin untuk di copy ya.. Terima Kasih .

  51. Subhanllh menus jlnmu yaAllah

  52. lumayan lengkap.
    terimakasih, dan salam ukhuwah..
    semoga kita semua mendapatkan kebaikan dari sholat dhuha. ^_^

  53. makasih info nya,krna dgn info ini sy mendptkan penambhan ilmu lg.

  54. Saya melakukan sholat dhuha 2 rakaat,itu gimana ya…apa boleh 2 rakaat, karena saya tidak tau tentang sholat dhuha ?

  55. alhamdulillah mksh

  56. tks ur information

  57. Alhamdulillah….
    Mksi gan..artikelx bgus bngt n sngt bmanfaat…q suka..ijin share d fb y ….thx gan..
    smg mdpt pahala dr ALLAH swt..amiin

  58. terima kasih :)sangt membntu

  59. terima kasih :)sangt membntu

  60. Mohon ijin ikut copy ya mas
    Terima kasih
    Artukel ini sangat bermanfaat bagi saya

  61. terimaksh saya jadi igin coba shlt duha..

  62. makasih ea jazakallah kheir

  63. terimakasih banyak membantu :3

  64. jazakallah khoir..

  65. alhamdulillah,trims mohon ijin utk dicopy

  66. Saya ingin sekali melakukan solat duha tpi saya msih belum ngerti tata cara melakukannya

  67. ahmad herdiansyah

    sipp ok dah mas

  68. chairil nursyiwan

    subhanallah………….

  69. rakaat kedua tuh al-lail apa adh-dhuha yaaaa?
    tolong penjelasannya

  70. Trimakash,
    atas smua penjelasan nya.
    Sangat brmanfaat buat saya. Smoga Allah mengabul kan doa kita semua amin.

  71. mksh atas info,a;)

  72. Terima kasih saudara ku,semoga bermanfaat untuk kita smua terutama buat aku…………….

  73. Makasih gan, atas panduanya..

  74. Rendie chiadries doankthea

    trimakasih imfo nya..
    Mohon izin copas ya..

  75. trims ea ats infonya & udh diizinkn utk mengcopy paste….

  76. Jazakummullah…. mohon izin untk mengcopy bacaan doa shl dhuha…!!

  77. pandu dwi ariyanto

    allhamdulilah..
    BERBAGI ILMU YANG BERMANFAAT INSYAALLAH KEBAIKANYA AKAN BERGUNA SAMPAI KITA MATI

  78. untuk rakaat pertama baca surat as syams, rakaat kedua baca surat ad dhuha, hal ini tidak wajib, tapi sangat dianjurkan. Bagi yang belum hapal alangkag baiknya dihapal. Kalo mau shalat lebih dari2 rakaat usahakan baca surat al kafirun. Thanks 🙂

  79. Hatur nuhun… Tausiah diatas sangat membantu dan bermanfaat tuk saya

  80. syukron info ini sangat bermanfaat.tp saya masih bingung dengan waktu dhuha yg terbaik. saya pernah mendengar ceramah ma2 dedeh,katax sebekum jam delapan ga boleh dhuha,sementara ustazah q mengatakan jam 7 juga boleh tergantung mataharinya.di tempat tinggal saya dah 2 bulan ni matahari tuch jam enam aza terang bgt&dah tinggi(maaf sy kurang jelas dengan ukuran hasta tu sepereti apa).biasanya saya dhuha sebelum k kantor jam 7 saya langsung dhuha.tapi pagi ini saya dhuhax jam jam 7 kurang 1/4.coz menurut saya sholat duha itu kan tergantung posisi matahari bukan soal jam. yg ingin saya tanyakan apakan sholat dhuha saya hari ini sah atw tidak y????mohon penjelasan.terima kasih atas penjelasnnya.
    wasalammualaikum wr.wb

  81. Alhamdulillah, terima kasih atas postingan nya. Insya allah bermanfaat. Barakallah 🙂

    • Insya Allah waktunya sudah tepat karena berpatokan tinggi matahari soal dua hasta itu adalah tinggi matahari sesudah terbit Dari ufuk timur

  82. ALHAMDULILLAH.
    T. Kasih atas infonya

  83. subhanallah …. panduan_sholat dhuha ini sangat bermanfaat untuk semua muslimin dan muslimah … Maha suci allah ,,,

  84. KALAU TIDAK DIHAFAL DGN BAHASA ARAB DOA DAN BACAANNYA

  85. Alhamdulillah
    semoga Allah memberi rezeky yg banyak buat kita semua, aamiiin

  86. Mau nanya, setelah sholat duha. baca wirid gk, sblum do’a nya ?..

  87. Jazakumullah bermanfaat sekali 🙂

  88. izin copas gan

  89. terimakasih, izin copy 🙂

  90. trmksh atas ilmunya

  91. saya masih kesusahan menalankan sholat dhuha

  92. Alhamdulillah … terimakasih admin.. ilmu yg sangat bermanfaat 🙂

  93. trim infonya smg bermanfaat tuk umat.mhn ijin copy.trim.

  94. Makasih om infonya. Tapi itu do’anya kurang jelas, kurang gede tulisannya

  95. Terima kasih banyak,artikelnya sangat bermanfaat

  96. Ass…ijin mengcopy

  97. Trma kasih sobat muslim..smga di bls sm allah kebaikannya .ijin copy yah

  98. hengki nuryadien

    Artikel ny bgus gan,,izin copy y,,smoga brmanfaat n berkah,,amieen,,makasih gan,,

  99. Alhamdulillah…semoga setelah mempelajari ini kita semua dapat menerapkannya dalam kehidupan kita. Terima Kasih….

  100. Makasih buat ilmunya

  101. Amat sangat bermanfaat bagi muslimin n muslimah yg minim pengetahuan ttg agama

  102. betapa bermanfaatnya sholat dhuha

  103. sangat bermanfaat sekali, semoga kita diampuni dosa-dosanya, amin.

  104. Terima kasih kaka atas infonya..
    Sangat membantu saya…

  105. Terimakasih.
    Izin Copy yaa?
    Wassalam.

  106. Terima kasih atas penjelasannya.

  107. terima kasih penjelasannya

  108. alhamdulillah yaa akhy/ukhty
    shukroon katsiron penjelasannya…

  109. sangat bermanfaat.

  110. Info amat berguna buat kita yg belum begitu faham kaidah shalat duha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *