Home / Ibadah / Sholat / Panduan Sholat Tahajud – Niat dan Bacaan Doa Sholat Sunnah Tahajud

Panduan Sholat Tahajud – Niat dan Bacaan Doa Sholat Sunnah Tahajud

Sholat Tahajud

Panduan Sholat TahajudSholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari dalam satuan dua rakaat satu kali sala, pada waktu malam hari yaitu pada sepertiga malam akhir, atau setengah malam akhir, atau mendekati dua pertiga malam hingga waktu menjelang sholat subuh. Sholat sunnah tahajud dalam bahasa arab disebut Sholatun Lail yang artinya sholat di malam hari. Mengenai waktu pelaksanaan sholat tahajud para ulama memiliki pendapat yang berbeda ada yang mengatakan bahwa sholat tahajud mesti setelah terbangun dari tidur di malam hari, namun ada juga yang berbendapat bahwa sholat tahajud tidak mesti harus tidur terlebih dahulu.

Niat Sholat Tahajud

Untuk niat sholat tahajud tidak jauh berbeda atau hampir sama dengan sholat sunnah lainnya, cukup pendek dan mudah untuk diingat.  Niat sholat tahajud adalah sebagai berikut :

niat sholat tahajud

bahasa latin : Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

arti dalam bahasa Indonesia-nya : Aku (niat). shalat sunat tahajud 2 rakaat, karena Allah Ta’ala

Tata Cara Sholat Tahajud

Mengenai cara sholat tahajud tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah umumnya yaitu sebagai berikut :

1. Membaca niat sholat tahajud seperti yang terlah tertulis di atas dengan suara yang pelan saja, diikuti dengan artinya di baca dalam hati.

2. setelah membaca niat dilanjutkan dengan membaca takbir, (membaca Allahhuakbar) sambil tangannya di angkat ke atas

3. Kemudian membaca doa iftitah (sunah)

4. Lalu membaca surat alfatihah, setelah alfatihah membaca surat pendek yang ada dalam Al Qur’an yang telah dihafal, seperti surat Al Ikhlas, Annas, Alfalaq, dan lain-lain

5. Kemudian lanjutkan seperti pada langkah langkah sholat pada umumnya. Seperti rukuk, sujud, hingga salam.

Setelah salam disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, kemudian membaca doa sholat tahajud.

Doa Sholat tahajud

Di bawah ini merupakan bacaan sholat sholat tahajud dalam bahasa Arab

doa sholat tahajud bahasa arab

Apabila belum bisa membaca bahasa Arab, silahkan baca Doa sholat tahajud dalam teks latin di bawah ini

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

 

Arti Doa Sholat Tahajud

Di bawah ini merupakan arti doa sholat tahajud dalam bahasa Indonesia

“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Jumlah Rakaat sholat Tahajud

Jumlah rakaat rakaat sholat tahajud minimal adalah dua rakaat dua kali salam, dan paling banyak atau maksimal bisa sebanyak-sebanyaknya sesuai dengan kemampuan. Nabi Junjungan kita yaitu Muhammad SAW saw, beliau pernah mengerjakan shalat tahajud sebanyak 10 rakaat ditambah 1 rakaat sunat witir,  pernah juga 8 rakaat ditambah 1 rakaat sunat witir, dan dan pernah juga 8 rakaat ditambah 3 rakaat sunat witir. Jadi dalam melaksanakan shalat tahajud sebaiknya ditambah dengan shalat sunat witir.

Shalat tahajud ini hendaknya dikerjakan dua rakaat satu salam, sementara itu untuk shalat sunat witirnya, jika dikerjakan lebih dari satu rakaat, misalnya 3 rakaat, boleh dikerjakan sekaligus dengan satu salam, boleh pula dikerjakan 2 rakaat dahulu kemudian salam, dilanjutkan 1 rakaat lalu salam

Waktu Sholat Tahajud

Untuk waktu pelaksanaan shalat tahajud adalah ketika setelah bangun dari tidur dan setelah shalat isya, baik di awal malam (sepertiga malam pertama antara waktu Isya dan pukul 22.00 WIB), tengah malam (sepertiga malam kedua, antara pukul 22.00 dan pukul 01.0.0 WIB), maupun akhir malam (sepertiga malam yang terakhir, antara pukul 01.00 dan menjelang subuh). Sepertiga malam yang terakhir inilah waktu yang paling utama untuk melaksanakan shalat tahajud. Karena menurut hadits nabi, pada waktu itu rahmat Allah turun, sehingga barang siapa berdoa akan dikabulkan, barang siapa meminta akan diberikan, dan barang siapa memohon ampun akan diampuni oleh Allah. Aamiin

Itulah ulasan kami mengenai Panduan sholat Tahajud lengkap dengan bacaan niat, doa sholat tahajud dan artinya. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. perliharalah sholat tahajud pada tengah malam, Selain semakin dekat dan disayang Allah, ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dari sholat Tahajud. Semoga Allah senantiasa menjaga iman kita, melindungi diri  kita dari godaan syetan yang terkutut, dan semakin dekat kepada-Nya. Aamiin.

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan salah satu sholat malam yang memiliki banyak keutamaan, baik keutamaan untuk dunia maupun akhirat. Keutamaan sholat tahajud antara lain sebagai berikut

1. Dikabulkannya doa-doa kita

Dari Jabir radliyallahu’anhu, ia berkata, “aku mendengar Rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam bersabda : Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam” (HR Muslim dan Ahmad)

2. Shalat yang paling utama

Bersabda Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasaalam, “seutama-utama shalat sesudah shalat fardu ialah shalat sunnat di waktu malam (HR Muslim)

3. Allah menjanjikan surga bagi orang-orang yang melakukan qiyamul lail

Abdullah bin salam mengatakan, bahwa nabi Muhammad sholallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah di waktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk surga dengan selamat” (HR Tirmidzi)

4. Akan mendapatkan tempat yang terpuji

Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ke tempat yang terpuji (qs. Al Isra: 79)

Melihat begitu tingginya nilai sholat tahajud sudah sepatasnya jika kita membiasakan diri untuk sholat tahajud setiap malam. Bagi yang belum terbiasa, cobalah dengan sungguh-sungguh. Mungkin pada awalnya akan sulit, tapi lama kelamaan jika sudah sudah terbiasa akan terasa ringan untuk dijalankan.

Semoga Artikel islami mengenai panduan sholat tahajud di atas bisa bermanfaat bagi kita semua. semoga Allah memberi kita kekuatan agar lebih mudah dalam menjalankan ibadah sholat tahajud. Aamiin.

Referensi : gudangdoa.blogspot.com, wikipedia indonesia, buku belajar shalat lengkap wajib dan sunah oleh Muhammad A.Z

About Gunawan

143 comments

  1. Artikelnya ngebantu banget, terutama buat saya yang baru belajar Islam.

  2. izin baca dan menuntut ilmunya gan !

  3. izin download gan ..
    terima kasih banyak atas ilmunya

  4. Makasih min…bner2” bermanfaat untuk ???????????? yg mau bljar shlt malam ,,

  5. Alhamdulillah,terimakasih.sangat bermanfaat

  6. tQ.. Sangat membantu

  7. Syukron, terimakasih atas artikel nya yang bermanfaat..
    saya mohon izin untuk meng-copy artikel tersebut yaa, terimakasih

  8. artikelnya bagus-bagus.

  9. Terima kasih sangat bermanfaat bnget

  10. Mudah”an yg membaca akan melakukan shalat malam

  11. Sungguh bermanfaat, makasih bnyak min 😉

  12. Thanks min
    insyaALLAH bermanfaat ya.

  13. Thank,s Tuk infox,moga brmnfaat

  14. Sangat bermanfaat

  15. Alhamdulillah… Makasih gan.

  16. terima kasih tuntunannya

  17. Posting yang bagus, semoga bermanfaat bagi pembaca.

  18. Mksh…ilmu nya sngt bermanfaat bg ku

  19. terimakasih, artikelnya bagus, dan insyallah bermanfaat. tapi mohon maaf bacaan shalat tahajjud dalam tulisan abjadnya dikoreksi, (BILLAAR, harusnya BILLAAH)

  20. Alhamdulillah terimakasih.. sangat bermanfaat

  21. Berman faat baget 😀 😉

  22. Alhamdulillah sangat bermanfaat,
    Trims … Gan

  23. alhamdulilahh,, :)

  24. Trimksh atas ilmuny…

  25. Sangat bermanfaat, mksh yah. :)

  26. Lebih mnambah p.tahuan tntang sholat tahajud’.

  27. Alhamdulilah saya baru mau belajar shalat tahajud, sangat membantu.Terima kasih

  28. Alhamdulillah, akhirnya jadi tau :)
    terimakasih banyak 😉
    artikelnya sangat membantu :)

  29. ijin baca ya.sekalian mau ngehafalin.makasi

  30. Shalat tahajud memang shalat yang sebaiknya tidak ditinggalkan. Banyak hikmah yang terkandung di dalamnya bagi mereka yang suka tahajud dan sesuai dengan tuntunan fiqih. Semoga kita bisa menjalankannya secara rutin walaupun hanya 2 rakaat saja.

  31. bagus bangat buat penerus bangsa

  32. Alhamdulilah bisa tambah ilmu, trims.

  33. ALHAMDULILLAH, sngat brmanfaat bwat saya, tq min atas postingnya n artikelnya,

  34. Thank,you atas infonya ..:-)

  35. Jajakumulloh khoeron katsiro…alhamdulillah sngt bermanfa’at

  36. Subhanallah… terimakasih sangat membantu sekali bua aku dan umat muslim semuanya..

  37. Thanks buat artikel super lengkap buat pendosa seperti saya yang ingin mencoba menggali info tentang solat tahajud…

    LIKE *thumbsUP*

  38. alkhamdulillah,,sangat bermanfaat bagi saya, terimakasih

  39. terimaksih atas inponya,insaallah bermampa’at bgi saya n keluarga saya.

  40. Thank’z…mmbntu bngtc

  41. Izin copy min, makasih

  42. Semoga berkah berlimpah

  43. assalamualaikum wr.wb. Izin nyalin dibuku buat di hapal doanya,thanks

  44. ijin copi min, mksh

  45. Alhamdulillah…sangat bermanfaat. izin copy untuk di blog saya ya pak ustad.

  46. Mantap Min,,,buktikan bahwa kita Hamba Allah & ummat Nabi Muhammad SAW

  47. assalamualaikum….
    makasih postingan nya sangat bermanfaat

  48. alhamdulillah, artikrlnya bagus n bermanfaat bg sy. Terimakasih gan.
    .

  49. artkelnya jozz.,. saya suka krna bacaanya yg jlas dn mudah dimegerti., maksih.,.

  50. Thaks gan artikelx ngebantu banget

  51. Makasih bgt gan, mau solat malam trus ngeliat artikel ini, ngebantu banget deh, alhamdulillah :3

  52. Anda juga bisa lihat di sini
    Alquran terjemah dengan tajwid blok warna alquranku
    Antony 081331828237
    alquranku
    Info sekilas interior ya gan…
    plafon rumah

    Thx

  53. sangat bermanfaat blognya
    terima kasih

  54. Terimakasih sangat membantu sekali :) TETAP SEMANGAT!!!

  55. Terimakasih atas artikelx smoga bermanfaat..

  56. terimaksih….
    sangat bermanfaat …makasih bnyk gan..

  57. makasih udah mau sher ilmu sholat tahajud nya.sangat membantu saya.tq

  58. makasih gan…bermanfaat sekali buatku..

  59. ALLHAMDULLILLAH .. trimakasih untk infonya, sangat brmanfaat untk saya yg ingn blajar salat tahajud. :)

  60. terimakasih banyak panduan solat tahajudnya semoga bermanfaat bagi yang lainnya

  61. trimakasih banyak.. gan.

  62. maksi atass ilmunya tadz

  63. dua rokaat dua kali salam maksudnya apa min ??

  64. Alhamdulillah,bermanfaat sekali tulisannya,jd menambah ilmu u/sholat Tahajud.Aamiin..

  65. mksh,,,,bermangfaat bgt izin download y,

  66. ALLHAMDULILAH DAPAT PETUNJUK JUGA TENTANG SHOLAT MALAM

  67. Alhamdulillah….! trima ksh…!

  68. Subhanallah , mksih ya Allah, atas ridhomu O:)

  69. Thank’s atas informsi-ny! Itu sangat mmbantu!! O:)

  70. alhamdulillah , mksh ea atas sharing ilmu nya

  71. syukron :)
    insyaallah bermanfaat

  72. Bermanfaat sekali, tersusun ayat-ayatnya, mudah difahami…terima kasih.

  73. Wawan Tri Saputro

    Nice Info. Alhamdulillah :)

  74. Mkasih info solat tahajud’ya,,,,,

  75. Syukron, terimakasih atas artikel nya yang bermanfaat..
    saya mohon izin untuk meng-copy artikel tersebut yaa, terimakasih

  76. bermanfaat sekali blog ini

  77. trims..sngt brmnfaat sekli artikelny..
    dpt mnmbh ilmu. alhamdulillah ..
    trims min

  78. assalamualaikum admin,.
    tolong posted do’a iftitah sholat sunnahnya juga dong,..

    terimakasih, :)

  79. mudah2n engkau slalu membukakan pintuhatiku ya rabb. .

  80. Subhanalloh, mksh bnyak yaa, sangat membantu,.. 😉

  81. hldup lebih tenang ,karena kita bersender kepada yang maha segalanya yang maha bijaksanakuat menata .ya Allah beri hidup yang terang segalanya.Amin

  82. hidup jadi lebih mahtep

  83. tq, izin copy paste bro

  84. Sangat bermanfaat gan

  85. Trimakasih ya Allah

  86. terimakasih.
    artikelnya sangat membantu.

  87. Assalamu ‘alaikum Warohmah Ustad, jazakumullah semoga menjadi amal jariyah dan
    sangat matur nuwun mudah-2an dgn petunjuk ini kami dapat mendirikannya dgn istiqomah.

  88. mkh bnyak buat posting ini yg tlah mnberi tw dan bsa aq pljri
    krna aq lgi bljr mencari jdi dri ku

  89. maksih ya Alloh Engkau telah berikan ilmu yg bermanfaat bagiku dan bagi semua hamba Mu yg telah membaca artikel ini,,

  90. Okeey makasih untuk informasinya :)

  91. Subhanallah.,..
    terima kasih artikel ini sungguh membantu untuk umat muslim…

    kuatkan iman dan pelajari akidah agama islam lebih dalam
    Islam itu indah :)

  92. ??M?????????A?????????K?????????A??????? ??S?????????i?????????Hi??????? bantuan ?yª

  93. aslmkm…. mksh ya atas ilmunya….. sangat bermanfaat dunia akhirat…

  94. Sangat bermanfaat buat q gan maksih bnged

  95. muhammad sufiansah

    subhanallah maha suci allah, ternyata sungguh indah ya mengerjakan shalat tahajud, kalau begitu mulai detik ini yuk shalat tahajud

  96. Asalamualaikum.
    saya mau tanya,jika terbangun jam 00.30 sdngkn kita menginginkan 1/3 mlam sktar jam 01.30 tp pd jam 00.30 tidur lgi untk mnunggu jam 01.30. It boleh ndak?

  97. alhamdulillah jd ad tambhan,…
    pngen lbih bnyak lagi.
    mohon di bntu ya semuaaa,,,,,,,!!!

  98. Syukron.
    Jazakallah Khairan katsiraan.

  99. Tx,sangat bermanfaatizin share donk

  100. alhamdulillah.semoga kita semua ada dalam rahmat allah

  101. achmad septian lutfi

    syukron min,smoga bermanfaat..

  102. zuraidah binti zaini

    alhamdulillah….terima kasih… in.shaa allah…

  103. Trimakasih ya ALLAH..engkau tlh memberikan ku ke mudahan kpd MU melalui sobat yg tlh menulis kan ini,,,thx ya sob…

  104. wehhh artikelnya sangat bermanfa’at buat saya ..
    makasih gan ..:)

  105. Alhamdulillah..sangat membantu bgt artikelnya..makasih ea

  106. Terima Kasih, sangat bermanfaat bagi kami

  107. Alhamdulillah .. semoga kita dalam lindungan-NYA selalu .. aamiin

  108. sangat membantu sekali artikel ini , semoga yang membuat artikel ini masuk surga dan selamatdunia akhirat :)

  109. Asslamu Alaikum………Terimakasih Ilmunya Shohib………MudahA2an Jdi Amal JAriah…….Amin.

  110. MANTAP GAN,, ane jga nyari Cara Shalat Dhuha gan:D

  111. terimakasih ..

  112. terima kasih buat artikelnya yang udah bantu aku belajar gmn cara shalat tahjud, stelah baca artikel ini sekarang aku bisa tahu cara nya :)
    jangan berhenti buat bikin artikel yang bermanfaat seperti ini iya :)

  113. Ulung Darmasetia

    Yu kita bareng bareng dicoba dan jadikan kebiasaan yang tanpa beban

  114. Trimakasih… Nambah Ilmu saya…
    Trimaksih banyak.

  115. Alhamdullilah Ada Bacaan Kaya gini Bagus Buat Di pelajarin 😀
    MAKASIH GANN !!

  116. subhanalloh artikel in benar2 ngebantu…
    untuk qu yg msh kurang pgetahuan ny tentang islam.

  117. Nice,terus sholatnya minimnya berapa kali?

  118. azura alfisyahr

    Kebetulan streamingannya cepet ketemu gini lgsg dijalanin, lumayan dari pada gadang gaada artinya hee, makasih banyak ngebantu bgt

  119. Ya Allah terimakasih atas hidayah yang engkau berikan pada hamba..baru 2x hamba melakukan sholat tahajjud ini seumur hidup hamba.airmata berlinang..begitu nikmatnya merasakan kedekatan diri dan hati ini dengan Mu ya robb.Ya Allah.. ampuni,sayangi dan cintailah saudaraku yang telah membagikan ilmu sholat tahajjud ini padaku.Amiin.

  120. Pngen lebih giat

  121. alhamdulillah….. syukron. akhy/uhkty Panduan beserta Ilmunya…..

    sangat bermanfa’at…. :-)

  122. makasi info nya sangat bermanfaat, semoga segalanya mudah #streaming nya Cepet jd lgsg aku krjain

  123. Terimakasih
    Info yang sangat bermanfaat :)

  124. semoga Q bisa lebih baik dari sebelhm y…

  125. Alhamdulillah syukron ukhty akhy krena yg diposting sangat bermanfaat buat sya yg ingin mendalami ttg islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *